Wednesday, February 10, 2016

Gagal Menjadi Seorang Pemimpin


               Pada saat memasuki kelas 3 smp, dengan suasana kelas yang baru. Gw menempati tempat duduk di tengah baris kedua dari depan. Bell pun berbunyi pukul 06.30 WIB, yang menandakan semua siswa dan siswi segera masuk kelas masing-masing. Sambil menunggu wali kelas masuk, gw berbicanng-bincang sama temen sebangku gw. Engga lama kemudian wali kelas baru pun masuk dan memberikan sedikit arahan untuk kelas tiga kedepannya mesti gimana nanti. Setelah panjang lebar berbicara, wali kelas baru gw langsung membuat struktur pengurus kelas untuk membantu berjalannya arahan yang sudah diberikannya tadi. Wali kelas baru itu pun langsung menunjuk gw sebagai ketua kelas yang baru dan temen gw satu kelas pun pada berteriak kalo gw yang harus jadi ketua kelasnya.

            Padahal gw engga setuju kalo wali kelas nunjuk gw sebagai ketua kelas. Karena gw beralasan badan gw yang pailing kecil dibanginkan sama yang lainnya. Tapi wali kelas gw sangat percaya sama gw, kalo gw bisa membuat kondisi kelas menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya, tidak ada kasus lagi selama kelas 3 nanti dan semua temen-temen lainnya bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Dengat berat hati, mau gak mau, suka gak suka, seneng gak seneng, gw harus terima semua ini.

            Seiring berjalannya waktu saat gw jadi ketua kelas, mulai lah muncul kasus pertama yaitu keributan saat jam pelajaran dan ada beberapa temen gw yang susah di atur sampe membuat guru gw menangis dan tidak mau mengajar lagi. Tidak berpikir pajang wali kelas gw langsung memanggil gw ke depan kelas dan menayakan apa yang sebenarnya terjadi. Setelah itu wali kelas gw langsung memberikan hukuman kepada semuanya termasuk gw juga.

            Masalah pertama belum selesai, muncul lagi masalah baru yaitu beberapa temen gw ada yang cabut di jam pelajaran. Pokoknya setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan ada aja dah masalah baru yang muncul. Sampe guru-guru gw yang lainnya sampe ada yang tidak mau mengajar ke kelas gw lagi dan membuat wali kelas gw kehilangan kesabarannya.

            Satu bulan menjelang ujian nasional, gw berharap banget minta kerjasamanya sama temen gw yang lainnya jangan sampe ada yang membuat masalah lagi menjelang dan mari bersama-sama membuat keadaan menjadi lebih lagi sebelum ujian nasional. Tiba-tiba gw melihat salah satu temen perempuan gw jadi sering tidak masuk sekolah padahal sedikit lagi mau ujian. Gw menanyakan kepada temen deketnya, dan temen deketnya juga tidak tau keberadaan dan kabarnya.

            Ternyata ada beberapa hari kemudian wali kelas gw mengumumkan bawah temen sekelas tidak bisa melanjutkan sekolah lagi. Wali kelas gw tidak ngasih tau apa masalahnya yang terjadi pada temen gw yang satu ini ( sebut saja si A ya namanya ). Dan gw sebagai ketua kelas nanya kepada yang lainnya. Apa ada yang tau masalah apa yang terjadi dengan si A, temen gw semua ternyata tidak ada yang tau juga tentang keberadaan si A ini.

            Kemudian di suatu hari, pada saat gw piket sesudah pulang sekolah dan dibantu sama penjaga sekolah gw. Gw di certain sama penjaga sekolah gw apa yang terjadi dengan si A, sambil menyapu ruang kelas. Ternyata ada kejadian yang sangat memalukan pada saat itu, yang menyebabkan temen gw si A engga bisa melanjutkan sekolah lagi. Guru baru yang baru mengajar 1 tahun disekolah gw membuat perbuatan asusila kepada temen gw si A.

            Dan pada akhirnya hari kelulusan pun tiba, satu angkatan gw wisuda di sekolah untuk salam perpisahan terakhir kalinya. Dan saat perpisahan itulah ada kesedihan di dalam diri gw, karena gw sudah gagal menjadi seorang ketua kelas dan tidak bisa membuat satu angkatan gw lulus semuanya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

statistics

Translate

Powered by Blogger.